Kenapa Langit Berwarna Biru?

Ini sangat mengarik untuk dipikirkan.Ketika kamu melihat ke langit pada malam hari,langit akan terlihat berwarna hitam dengan bintang dan bulan membentuk titik-titik cahaya langit.Mengapa pada siang hari langit berubah menjadi biru cerah dan bintang-bintang menghilang ?
Hal pertama yang perlu diketahui bahwa matahari adalah sumber cahaya yang sangat terang, dan jauh lebih terang daripada bulan.Hal kedua yang perlu dipahami adalah bahwa atom-atom nitrogen dan oksigen pada atmosfer berpengaruh pada cahaya matahari yang melewatinya. Ada gejala (fenomena) fisika yang disebut penyebaran Rayleigh yang menyebabkan sinar menyebar ketika melewati partikel-partikel yang berdiameter 1/10 dari panjang gelombang (warna) dari sinar matahari. Sinar matahari terdiri atas bermacam-macam warna cahaya yang berbeda, tetapi karena unsur-unsur yang ada di atmosfer, warna biru yang paling banyak menyebar.
Jadi,ketika melihat ke langit pada siang yang cerah, kamu melihat matahari sebagai piringan cahaya . Warna biru yang kamu lihat di langit adalah seluruh atom yang ada di atmosfer yang menyebarkan cahaya biru ke arahmu.
 
terimakasih uda mau baca :)

Post a Comment

0 Comments