Makalah Pengaruh Globalisasi Terhadap Kebudayaan






BAB I PENDAHULUAN

 
1.1  Latar Belakang
Globalisasi adalah suatu proses menuju lingkungan dunia. Dimana semua peristiwa, baik dalam bidang ekonomi, politik, sosial, maupun budaya yang terjadi suatu belahan dunia dapat mempengaruhi kehidupan seluruh dunia.
Dewasa ini marak sekali terjadinya perebutan budaya antar sesama bangsa, yang ironisnya masih satu rumpun. Padahal apabila kita tengok hal semacam itu seharusnya tidak perlu terjadi mengingat dampaknya yang dapat menyebabkan pertengkaran bahkan peperangan antar bangsa hanya dikarenakan perebutan budaya semata.
Hal diatas merupakan sebuah realita yang memperlihatkan kepada kita bahwa globalisasi juga dapat menjadi bumerang dan mendatangkan hal-hal negatif bagi suatu negara, seperti Indonesia. Akan tetapi perlu diingat adanya globalisasi lantas juga tak selamanya memberikan efek negatif, namun disisi lain dapat juga mendatangkan keuntungan bagi suatu bangsa. Sebagai contoh dalam bidang perekonomian dan bisnis kita tidak mungkin maju apabila hanya melobby pengusaha-pengusaha lokal saja. Namun suatu usaha akan berjaya apabila dapat mengembangkan usaha tidak hanya di dunia domestik bahkan dapat menguasai pasar global dunia manca.
Dari uraian diatas globalisasi tak hanya berdampak negatif tetapi dapat juga memberikan dampak positif. Oleh karena itu saya tertarik untuk mengupas masalah dampak positif dan negatif globalisasi dipandang dari bidang kebudayaan, serta bagaimanakah sikap kita dengan kemajuan globalisasi yang tidak dapat kita hentikan untuk itu saya sajikan dalam makalah ini.

1.2  Rumusan Masalah
a.       Apa saja dampak positif globalisasi dalam bidang sosial budaya di Indonesia?
b.      Apa saja dampak negatif globalisasi dalam bidang sosial budaya di Indonesia?
c.       Bagaimana masyarakat menyikapi pengaruh dari globalisasi dalam bidang sosial budaya?
d.        Apa saja faktor penyebab mudah masuknya budaya asing ke Indonesia?

1.3  Tujuan dan Manfaat
·         Tujuan
Tujuan dan manfaat yang ingin dicapai dari karya tulis ini adalah agar kita dapat mengetahui apa saja pengaruh negative dari peradaban global terhadap system social budaya Indonesia dan solusi untuk mengatasi hal tersebut.
·         Manfaat
  Pembaca dapat memperoleh informasi mengenai dampak peradaban global, pengaruhnya terhadap system social dan budaya Indonesia serta cara mengatasi,dengan demikian akan sedikit mengurangi meminimalisir dampak negative dari peradaban global di kalangan masyarakat pada umumnya dan mahasiswa pada khususnya.
BAB II PEMBAHASAN


2.1.      Dampak positif globalisasi dalam bidang sosial budaya di Indonesia antara lain:
o   Dapat bertukar gagasan/pikiran dengan dunia luar.
o   Dapat mempromosikan budaya Indonesia di kancah dunia, sehingga budaya Indonesia akan terkenal.
o   Dapat menarik para wisatawan baik lokal maupun internasional dengan keindahan dan keunikan budaya Indonesia.
o   Berkembangnya pola sosial seperti pola kerja masyarakat Indonesia.
o   Berkembang prinsip multiculturism, sehingga memungkinkan rasa keterbukaan terhadap budaya baru.
o   Berkembangnya masyarakat sosialita, yang senantiasa memperhatikan perkembangan mode Internasional seperti busana, film, dan lain-lain.
o   Maraknya event atau kegiatan berskala nasional bahkan internasional yang digelar Indonesia.
                                                                          
2.2.      Dampak negatif globalisasi dalam bidang sosial budaya di Indonesia antara lain:
o   Munculnya budaya baru yang tidak sesuai dengan kebudayaan Indonesia dengan mudah diterima masyarakat tampa filterisasi yang berujung pada lunturnya budaya asli Indonesia.
o   Berkembangnya pola masyarakat individualisme. Sehingga tradisi tradisi seperti gotong royong mulai hilang.
o   Semakin banyaknya imigrasi dari luar negeri yang menetap di Indonesia dengan perilaku sosial budaya yang bertolak belakang dengan Indonesia.
o   Terpengaruhnya masyarakat khususnya para remaja oleh budaya manca yang cenderung bebas mengakibatkan kemerosotan moral bagi generasi penerus Indonesia.
o   Akibat munculnya kaum sosialita berkembang pola hidup konsumtif.
 
2.3.      Cara masyarakat menyikapi pengaruh globalisasi di bidang sosial budaya. Globalisasi memang suatu fenomena yang telah berlangsung dan tidak mungkin kita hentikan, oleh karena itu kita harus mencari cara untuk menyikapinya bukan cara untuk menghentikannya. Adapun cara yang mungkin dapat kita lakukan bersama agar Indonesia budaya Indonesia tetap  terlindungi sehingga generasi penerus bangsa kelak dapat menikmati indahnya keagungan budaya Indonesia, diantaranya: 
o   Menyaring setiap budaya asing yang masuk ke Indonesia, tidak begitu saja lalu mengadaptasi untuk kemudian digunakan bersama-sama.
o   Mempromosikan budaya asli Indonesia ke kancah internasional untuk menumbuhkan rasa cinta budaya Indonesia.
o   Menyukai dan menggunakan produk-produk asli Indonesia.
o   Memperkuat persatuan dan kesatuan antar warga Indonesia yang memiliki budaya beragam untuk bersatu melindungi budaya asli Indonesia agar tidak luntur terbawa arus globalisasi juga tidak hilang karena diklaim negara lain.
o   Mematenkan setiap budaya Indonesia serta mempublikasikannya agar tetap terjaga dan menjadikan masyarakat Indonesia bangga memilikinya.
o   Berpegang teguh pada nilai religius, spiritualis dan memupuk rasa kebhinekaan agar Indonesia tetap berjaya dengan budayanya.
                 
2.4.      Faktor penyebab mudahnya budaya luar masuk ke Indonesia antara lain :
o   Sikap masyarakat Indonesia yang terlalu terbuka tetapi tanpa handle yang menjadikan masyarakat Indonesia mudah terpengaruh budaya luar yang tidak sesuai dengan kiblat budaya Indonesia.
o   Sifat masyarakat Indonesia yang cenderung labil, serta kurang berani mengambil keputusan sendiri.
o   Kurangnya kontrol dan penyaringan/ filterisasi terhadap budaya asing yang masuk ke Indonesia.
o   Kurangnya rasa cinta tanah air baik di sisi cinta budaya maupun inta produk dalam negeri.
o   Munculnya anggapan gengsi yang marak di kalangan remaja  yang notabene generasi penerus bangsa menjadikan remaja cenderung menyukai budaya luar daripada budaya sendiri.

BAB III PENUTUP

3.1 Kesimpulan
Dari pembahasan diatas mengenai dampak positif dan negatif adanya globalisasi di bidang sosial budaya Indonesia, cara menyikapi adanya globalisasi serta faktor yang mendorong cepat masuknya budaya luar ke Indonesia dapat kita tarik sebuah kesimpulan bahwa Globalisasi merupakan suatu fenomena yang tidak dapat kita hentikan oleh karena itu kita harus tepat dalam menyikapinya agar tidak terbawa arus globalisasi yang sedikit banyak memberikan dampak positif dan negatif bagi kita khususnya bagi bangsa ini.
Perlu diingat pula bahwa globalisasi juga tidak selamayanya memberikan dampak negatif bagi kita tetapi ada kalanya memberikan dampak positif bagi kita. Semua itu tergantung pada diri kita masing-masing bagiamana kita menempatkan diri kita pada perkembangan jaman ini agar tetap dapat mengikuti jalur yang benar demi tercapainya kesejahteraan hidup.
Adanya faktor penyebab budaya asing dengan mudah masuk ke Indonesia mendorong kita agar tetap selektif dalam memilih budaya yang akan kita adaptasi, tetapi jangan sampai kita melupakan budaya asli bangsa kita sendiri, karena budaya merupakan sebuah kekayaan bagi suatu bangsa. Oleh karena itu sudah seharusnya kita melindungi dan menjaga kelestarian budaya Indonesia dalam menghadapi arus globalisasi ini. Sehingga Indonesia tetap memiliki kekayaan yang dapat dirasakan dan dinikmati oleh anak cucu generasi penerus bangsa Indonesia. 


DAFTAR PUSTAKA

http://id.wikipedia.org/wiki/Globaliasi



Post a Comment

0 Comments